Text
Pengaruh antara kemandirian belajar dan komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI akuntansi SMK Negeri 10 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar dan komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK N10 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 10 Jakarta dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS 21.0. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 64,873 + 0,092X1 +0,021X2. Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan F hitung (20,456) > F tabel (3,16), hal ini berarti X1 dan X2 berpengaruh secara serentakdengan Y. Uji t menghasilkan t hitung X1 (4,741) > t tabel (2,004) dan t hitung X2(2,431) > t tabel (2,004). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar dan komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dan komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar akuntansi dengan koefisien korelasi ganda 0,653 yang berarti hipotesis penelitian diterima, dan selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2)sebesar 42,7%.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, Komunikasi Interpersonal.
Bibliografi : lembar 95-99
SS00005714 | SK 5714 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain