Text
Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 40 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 40 Jakarta, selama 4 bulan terhitung dari bulan Maret sampai bulan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 40 Jakarta. Dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI Pemasaran dan XI Administrasi Perkantoran yaitu sebanyak 72 siswa. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel Issac dan Michael, diambil sampel sebanyak 58 siswa dengan sampling error 5%.Untuk menjaring data dari variabel X digunakan kuesioner model skala likert untuk Konsep Diri. Sebelum instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas terlebih dahulu. Untuk variabel X, dari 30 butir pernyataaan setelah divalidasi, terdapat 7 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 23 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas variabel X menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,922 yang berarti tingkat reliabilitas instrument akan menunjukan angka yang tinggi, sedangkan data Y (Prestasi Belajar) dari rata-rata nilai raport semester Ipada kelas XI pemasaran dan XI Administrasi Perkantoran.Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 21,19 + 0,608 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,055, sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,116 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 1,53 < 1,94, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 25,94 > 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,620 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 5,91 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan dan dk=56 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,620 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 38,43%, yang menunjukkan bahwa 38,43% Prestasi Belajar ditentukan oleh Konsep Diri.Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Negeri 40
Jakarta.
Bibliografi : lembar 69-71
SS00005783 | SK 5783 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain