Text
Hubungan antara suasana toko dengan pembelian impulsif 7Eleven Jalan Pemuda pada mahasiswa Prgoram Studi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat (sahih,benar, valid) dan dapat dipercaya (reliabel). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung Februari 2015 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, angkatan tahun 2012 dan 2013 sebanyak 50 orang yang diambil secara proporsional. Sampelyang digunakan sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah acak sederhana. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 13,39 + 0,79 X. Uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0700, sedangkan Ltabel untuk n = 44 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1336. Karena Lhitung < Ltabel, maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,92 < 2,08, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji hipotesis dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 59,86 > 4,07, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien Korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,767, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung > ttabel, yaitu thitung = 7,737 dan ttabel = 1,68. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara suasana toko dan pembelian impulsif. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 58,8% yang menunjukkan bahwa 58,8% variasi pembelian impulsif ditentukan oleh suasana toko.
Kata kunci : Pembelian Impulsif, Suasana Toko.
Bibliografi : lembar 67-69
SS00005764 | Sk 5764 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain