Text
Hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar pada siswa di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta
i
ABSTRAK
TIARA RAHMADHANI. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung April 2015 sampai Juni 2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkau seluruh siswa kelas X jurusan Pemasaran sebanyak 140 orang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 100 orang berdasarkan table Isaac & Michael penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% .Sampel diambil secara proporsional sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai regresi linier Fhitung (1,05) < Ftabel (1,63) hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar pada siswa SMK Dinamika Pembangunan 2 hal ini dapat ditunjukkan dari nilai thitung = 7,40 > ttabel = 1,67, artinya semakin baik pola asuh orang tua maka akan semakin baik prestasi belajar siswa, sebaliknya jika pola asuh orang tua yang dilakukakan buruk maka akan mengakibatkan menurunnya prestasi belajar. Adapun nilai antar variabel pola asuh orang tua dengan prestasi belajar sebesar Ŷ = 63,66 + 0,206X.
Besar variasi prestasi belajar ditentukan oleh terjadinya pola asuh orang tua sebesar 35,84%. Hubungan antara pola asuh orang tua (variabel X) dengan prestasi belajar (variabel Y) adalah linier dan signifikan dengan nilai regresi signifikan Fhitung (54,73) >Ftabel (3,96) dan nilai regresi linier Fhitung (1,05) < Ftabel (1,63). Prestasi belajar pada siswa SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta ditentukan oleh pola asuh orang tua sebesar 35,84%dan sisanya sebesar 64,16% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Kata kunci: Prestasi belajar, Pola asuh orang tua.
Bibliografi : lembar 69-70
SS00005808 | SK 5808 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain