Text
Hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa SMK Negeri 2 di Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar pada siswa di SMK Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung bulan Maret sampai Juni 2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 2 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 58 orang dengan menggunakan teknik acak sederhana. Berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai regresi linear Fhitung (0,60) < Ftabel (1,87). Hubungan yang positif antara konsep diri dengan hasil belajar pada siswa SMK Negeri 2 Jakarta ini dapat ditunjukkan dari nilai thitung = 5,218 > ttabel= 1,65, artinya semakin tinggi konsep diri maka akan semakin tinggi hasil belajar, sebaliknya jika konsep diri rendah maka akan mengakibatkan hasil belajar yang rendah juga. Adapun nilai antara variabel konsep diri dengan hasil belajar sebesar Ŷ = 64,24 + 0,17X.Hubungan antara konsep diri (variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y) adalah linear dan signifikan dengan nilai regresi Fhitung (27,23) > Ftabel (4,02) dan nilai regresi linear Fhitung (0,60) < Ftabel (1,87). Hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Jakarta ditentukan oleh konsep diri sebesar 32,27% dan sisanya sebesar 67,73% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, yaitu kondisi fisik, motivasi belajar, lingkungan sekolah dan tingkat intelegensi.
Kata kunci: Konsep Diri, Hasil Belaja
Bibliografi : lembar 61-62
SS00005776 | SK 5776 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain