Text
Hubungan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat (sahih,benar, valid) dan dapat dipercaya (reliabel). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung Februari 2015 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 2, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X (sepuluh) dan kelas XI (sebelas) jurusan pemasaran yang berjumlah 68 siswa yang diambil secara proporsional. Sampel yang digunakan sebanyak 58 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah acak sederhana. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 65,70 + 0,18 X. Uji pesyaratan analisis, yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0876, sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1163. Karena Lhitung 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy= 0,607, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkanthitung>ttabel, yaitu thitung = 5,711 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasirxy = 0,607 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,81% yang menunjukkan bahwa 36,81% variasi prestasi belajar ditentukan oleh kesiapan belajar.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Kesiapan Belajar.
Bibliografi : lembar 57-58
SS0005777 | SK 5777 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain