Text
Hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung sejak bulan Maret sampai Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian sebanyak 58 siswa, dengan menggunakan teknik acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (Perhatian Orang Tua), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada siswa kelas X Akuntansi, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (Hasil Belajar) digunakan data sekunder berupa data nilai terakhir semester 2 tahun 2015 / 2016. Hasil reliabilitas variabel X (Perhatian Orang Tua) sebesar 0.905. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 28.019 + 0.467 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0.075 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0.05 sebesar 0.116. maka Lo Ftabel (4.02), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.615. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (5.83), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 58 – 2 = 56 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.68, berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2= 0.6152= 0.3778. ini menunjukkan bahwa 37.78%variasi hasil belajar ditentukan oleh perhatian orang tua. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta.
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 80-82
SS00005762 | SK 5762 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain