Text
Hubungan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar pada siswa jurusan pemasaran di SMK Negeri 51 Jakarta
ABSTRAK
CENDANI SARASWATI. HUBUNGAN ANTARA MEDIA
PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA
JURUSAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 51 JAKARTA. Skripsi,
Jakarta : Program Study Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi
dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli
2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan
berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya
tentang seberapa besar hubungan antara media pembelajaran dengan
prestasi belajar pada siswa Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 51 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasi.
Variabel bebas dari penelitian ini adalah media pembelajaran dan prestasi
belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
jurusan pemasaran di SMK Negeri 51 Jakarta, sedangkan populasi
terjangkaunya adalah siswa kelas X Jurusan Pemasaran. Sampel yang
digunakan sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana sebanyak 58 siswa
berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X media
pembelajaran diukur menggunakan skala likert. Untuk variabel Y Prestasi
Belajar diperoleh dari data sekunder berupa hasil rapot. Teknik analisis data
dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh
persamaan regresi Ŷ = 45,65 + 0,274X. Uji hipotesis koefisien korelasi
hubungan dilakukan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy
sebesar 0,564. Uji signifikasi dengan thitung sebesar 5,11 dan ttabel sebesar
1,68. Karena thitung > ttabel, dari penelitian di atas maka peneliti dapat
menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
media pembelajaran dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMK Negeri 51 di
Jakarta. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 31,79%. Hal
ini berarti variasi variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 31,79%.
Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif dan
signifikan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar pada siswa
jurusan pemasaran di SMK Negeri 51 Jakarta. Hal ini berarti bahwa
semakin baik media pembelajaran maka semakin baik pula prestasi belajar
siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prestasi Belajar
Bibliografi : lembar 73-76
SS00005811 | SK 5811 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain