Text
Hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 48 Jakarta
ABSTRAK
CITRA DWI ANGGRAINI, Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan
Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Pada Siswa
Kelas XI SMK Negeri 48 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi
Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar,
valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh Hubungan Antara
Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini
dilakukan selama 4 bulan terhitung sejak bulan Maret sampai Juni 2015. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasi. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Populasi terjangkau penelitian ini
adalah siswa kelas XI Pemasaran 1 dan 2 yang berjumlah 68 siswa. Sampel
penelitian sebanyak 55 siswa pemasaran, dengan menggunakan teknik sampel
acak sederhana (simple random sampling). Untuk menjaring data variabel X
(Lingkungan Sekolah), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar
kepada siswa kelas XI pemasaran, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui
proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total
dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y
(Hasil Belajar) digunakan data sekunder berupa nilai akhir semester genap tahun
2015/2016. Hasil reliabilitas variabel X (Lingkungan Sekolah) sebesar 0.950.
Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang di dapat
adalah Ŷ = 53.589 + 0.172 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat
taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung =
0.090 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0.05 sebesar 0.119. maka
Lo Ftabel(4.03),
ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment
menghasilkan rxy sebesar 0.590. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi
koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (5.32),
sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 55 – 2 = 53 dan taraf signifikansi 0.05 adalah
1.68, berarti thitung> ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy
2 =
0.590 = 0.3482. ini menunjukkan bahwa 34.82% variasi hasil belajar ditentukan
oleh lingkungan sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan
positif antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran prakarya
dan kewirausahaan pada siswa kelas XI pemasaran SMK Negeri 48 Jakarta.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 67-69
SS00005815 | SK 5815 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain