Text
Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta
ABSTRAK
NIKE PRATIWI SUCININGRUM. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua
dan Motivasi Belajar tehadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada
Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi.
Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi dan Administrasi. Fakultas
Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status sosial ekonomi orang tua,
motivasi belajar, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan menguji
pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat
melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA Pusaka 1
Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost
facto. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis jalur (path
analysis). Hasil analisis jalur menunjukan bahwa: (a) pengaruh langsung antara
status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan
tinggi sebesr 22,2% (b) pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap minat
melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 14,1% (c) pengaruh tidak langsung
antara status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjukan studi ke
perguruan tinggi yang dimoderatori oleh motivasi belajar sebesar 18,1%
Bibliografi : lembar 102-104
SS00005820 | SK 5820 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain