Text
Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar administrasi barang pada siswa jurusan pemasaran di SMK Negeri 45 Jakarta
ABSTRAK
IRFAN SETIAWAN. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Administrasi Barang Pada Siswa Jurusan Pemasaran Di SMK Negeri 45 Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar administrasi barang pada Siswa jurusan pemasaran di SMK Negeri 45 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dan reliabel.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 45, Jakarta Barat. Selama empat bulan terhitung sejak Maret 2015 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan pemasaran SMK Negeri 45 Jakarta. Populasi terjangkaunya siswa kelas XI pm 1 dan pm 2 sebanyak 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 58 orang.
Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Minat Belajar (Variabel X) dan Untuk variabel Y, digunakan data sekunder berdasarkan dari nilai siswa kelas XI mata pelajaran administrasi barang tahun ajaran 2014/2015.Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk variabel X. Untuk variabel X, dari 30 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 8 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 22 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,868. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable.
Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 65,24 + 0,16X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung =0,1163, sedangkan L tabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,5162. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,67 Ftabel , yaitu 24,86> 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,554, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 4,986 dan ttabel = 1,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,554 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 30,74% yang menunjukkan bahwa 30,74% variasi Hasil Belajar ditentukan oleh minat belajar.
Kata kunci:Hasil Belajar, Minat Belajar
Bibliografi : lembar 70-72
SS00005823 | SK 5823 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain