Text
Hubungan antara retensi pelanggan dengan loyalitas pelanggan minimarket Alfamart pada warga Rw.037, Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu di Bekasi
ABSTRAK
ICHSAN CHANDRA PRASETYO, Hubungan Antara Retensi Pelanggan dengan
Loyalitas Pelanggan Minimarket Alfamart pada warga RW.037, Kelurahan Bojong
Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu di Bekasi. Skripsi, Jakarta, Program Studi
Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di RW.037, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan
Rawalumbu di Bekasi, selama lima bulan terhitung sejak Februari 2015 sampai
dengan Juni 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan
antara retensi pelanggan dengan loyalitas pelanggan minimarket Alfamart pada
warga RW.037, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu di Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan
korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga RW.037,
Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu di Bekasi. Populasi
terjangkaunya adalah warga RT.05 dan RT.06, RW.037, Kelurahan Bojong
Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu di Bekasi sebanyak 89 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel proporsional yang di
ambil secara acak sederhana sebanyak 72 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan
adalahŶ= 0,63 + 0,85X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran
regresi Y atas X dengan Uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,1031, sedangkan Ltabel
untuk n = 72 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,105. Karena Lhitung < Ltabel maka
galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan
Fhitung < Ftabel yaitu, 0,8817 < 1,805, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi
tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 79,54
> 3,98, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan.
Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,729,
selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t
dan dihasilkan thitung = 8,919 dan ttabel = 1,65. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa koefisien korelasi rxy = 0,729 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang
diperoleh sebesar 53,19% yang menunjukan bahwa 53,19% variabel loyalitas
pelanggan ditentukan oleh retensi pelanggan.
Bibliografi : lembar 69
SS00005767 | Sk 5767 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain