Text
Pengaruh disiplin lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar pada siswa di SMK Pelita Tiga Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X di SMK Pelita Tiga Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulaibulan Maret 2015 sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Pelita Tiga Jakarta yang berjumlah 85 siswa. Berdasarkan tabel populasi dan sampel dengantaraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel sebanyak 68 siswa denganmenggunakan teknik acak proporsional. Untuk menjaring data variabel bebas X1digunakan model skala semantik untuk disiplin (X1) dan variable bebas X2 digunakan model skala likert untuk lingkungan teman sebaya (X2), dan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data variable prestasi belajar (Y). Teknikanalisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara disiplin dan lingkunganteman sebaya terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,898 > Ttabel 1,670. Lingkungan teman sebayaberpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 3,626 > Ttabel 1,670. Disiplin dan lingkungan teman sebaya secara serentak berpengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung 22,618 > Ftabel3,14. Persamaan regresi yang didapat adalah Ý = 41,809 + 0,172 X1 + 0,170 X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R 2sebesar 0,410 yang berarti disiplin (X1) dan lingkungan teman sebaya (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 41,0%.
Kata kunci : Disiplin, Lingkungan Teman Sebaya, dan Prestasi Belajar
Bibliografi : lembar 89-91
SS00005778 | Sk 5778 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain