Text
Hubungan antara penerimaan teman sebaya (peer acceptance) dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 3 di Depok
ABSTRAK
APRILIA TRIYAMI. Hubungan Antara Penerimaan Teman Sebaya (Peer
Acceptance) dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Negeri 3 di Depok.
Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi
dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Penerimaan
Teman Sebaya (Peer Acceptance) dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK
Negeri 3 di Depok. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai Juni 2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei melalui pendekatan
korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Negeri 3 Depok yang
berjumlah 79 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana
(Proportional Random Sampling) sebanyak 65 sampel. Instrumen yang digunakan
untuk memperoleh data variabel X Penerimaan Teman Sebaya (Peer Acceptance)
diukur menggunakan skala likert. Untuk variabel Y Prestasi Belajar diperoleh dari
data sekunder berupa hasil rapot. Teknik analisis data dimulai dengan mencari
persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 52,65 +
0,220X, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran
regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung (0,075) < Ltabel (0,110), hal
ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan
kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA)
diperoleh persamaan regresi Fhitung (36,55) > Ftabel (4,00) yang menyatakan regresi
sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (0,76) < Ftabel
(2,00) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji
hipotesis koefisien korelasi hubungan dilakukan dengan rumus Product Moment
menghasilkan rxy sebesar 0,606, ini berarti hubungan antara kedua variabel
tersebut kuat. Uji signifikasi dengan thitung sebesar 6,05 dan ttabel sebesar 1,67.
Karena thitung >ttabel, dari penelitian diatas maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Penerimaan Teman Sebaya (Peer
Acceptance) dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMK Negeri 3 di Depok. Uji
koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 36.71%. Hal ini berarti variasi
variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 63.29%. Maka dapat diambil
kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penerimaan
Teman Sebaya (Peer Acceptance) dengan Prestasi Belajar.
Kata Kunci: Penerimaan Teman Sebaya, Prestasi Belajar
Bibliografi : lembar 60-62
SS00005831 | Sk 5831 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain