Text
Hubungan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan studi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 50 Jakarta
ABSTRAK
DHANI MADSYAH. HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR
DENGAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI
PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 50 JAKARTA. Skripsi, Jakarta:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat (sahih, benar,
valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang Hubungan antara
Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada
siswa kelas XI SMA Negeri 50 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi.
Variabel bebasnya adalah prestasi belajar dan variabel terikatnya adalah Minat
Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah
Siswa SMA Negeri 50 Jakarta, sedangkan populasi terjangkau adalah Siswa kelas
XI SMA negeri 50 Jakarta sebanyak 284 Siswa. Sampel yang digunakan sebanyak
162 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak
sederhana. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan mencari
persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ= 10,86 + 0,82X. Uji persyaratan
analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors dan
didapat perhitungan Lo
-= 0,0688 sedangkatn Lt= 0,0696. Ini menandakan bahwa
regresi berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieritasan regresi didapat Fhitung=
0,75 sedangkan Ftabel = 1,60, ini menandakan bahwa regresi linier. Dari uji
hipotesis dengan uji koefisien korelasi sederhana product moment dari
pearsondiperoleh rxy = 0,826 menandakan bahwa terdapat hubungan positif antara
prestasi belajar dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Dari
perhitungan uji-t diketahui thitung = 10,03 > dari ttabel = 3,91, sehingga
menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan
Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Sedangkan koefisien determinasi
diperoleh nilai 68,28% yang menunjukkan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan
Tinggi dipengaruhi oleh prestasi belajar sebesar 68,28%.
Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif yang signifikan
antara prestasi belajar dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi
siswa SMA Negeri 50 Jakarta.
Kata kunci: Prestasi belajar, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi.
Bibliografi : lembar 56-57
SS00005836 | Sk 5836 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain