Text
Hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi siswa di SMK Teknologi Nasional Bekasi
ABSTRAK
AGUNG FIRMANSYAH. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prokrastinasi Siswa Di SMK Teknologi Nasional Bekasi Skripsi, Jakarta : Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri terhadap prokrastinasi pada SMK Teknologi Nasional Bekasi. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa pada SMK Teknologi Nasional Bekasi. Sampel yang digunakan sebanyak 95 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional (purposional random sampling). Untuk menjaring data kedua variabel penelitian, instrument yang digunakan untuk Variabel X (Konsep diri ) dan Variable Y (Prokrastinasi) berbentuk kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 154.27 – 0.932X sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors diperoleh Lhitung (0,091) < Ltabel (7,04), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinieran regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (50,13) > Ftabel (4,00) yang menyatakan regresi berarti. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung (1,14) < Ftabel (1,68) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Uji hipotesis koefisien korelasi hubungan antara variabel X dan variabel Y dilakukan dengan rumus Product Moment dari Pearson yang menghasilkan rxy sebesar -0,592, hal ini berarti kedua variable memiliki hubungan kuat, Uji signifikasi dengan thitung sebesar -7,08 dan ttabel sebesar -1,66. Karena -thitung < -ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan prokrastinasi siswa. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 35,02%. Sedangkan sisanya sebesar 64,98% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Konsep diri, Prokrastinasi
Bibliografi : lembar 77-78
SS00005838 | Sk 5838 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain