Text
Hubungan antara pemasaran berdasarkan pengalaman (experiential marketing) dengan kepuasan pelanggan Starbucks Coffee Shop : survei pada karyawan Divisi Bisnis PT Kompas Media Nusantara Jakarta
ABSTRAK
EVANTO. Hubungan Antara Experiential Marketing dengan Kepuasan
Pelanggan Starbucks Coffee Shop. Survey Pada Karyawan Divisi Bisnis PT Kompas Media Nusantara Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara experiential marketing Starbucks Coffee shop dengan kepuasan pelanggan pada karyawan divisi bisnis PT Kompas Media Nusantara, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di Divisi Bisnis PT Kompas Media Nusantara, Jakarta, selama tiga bulan terhitung sejak April 2015 sampai dengan Juni 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Karyawan divisi Bisnis PT Kompas Media Nusantara, Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah Karyawan Departemen Marketing Communication yang berjumlah 40 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sebanyak 40 orang.
Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 24,547 + 0,446 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ)dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,059, sedangkan Ltabel untuk n = 40 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,140. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = 1,59 < Ftabel = 2,61, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh
Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 23,28 > Ftabel = 4,10, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,616. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 4,89 > ttabel = 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara experiential marketing dengan kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37,99% yang menunjukkan bahwa 37,99% variasi kepuasan pelanggan ditentukan oleh experiential marketing. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara experiential marketing Starbucks Coffee dengan kepuasan pelanggan pada karyawan divisi bisnis PT Kompas Media Nusantara, Jakarta.
Kata Kunci: Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan.
SS00005839 | Sk 5839 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain