Text
Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 12 Jakarta
ABSTRAK
NURITA HIDAYATI. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru
dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 12 Jakarta.
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya
Mengajar Guru dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 12
Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan, terhitung mulai dari bulan
Januari sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian adalah
seluruh siswa/siswi SMK Negeri 12 Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah
teknik acak sederhana (simple random sampling) dengan sampel sebanyak 62
siwa. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data variabel X1 (Gaya
Mengajar), X2 (Gaya Belajar) dan Y (Hasil Belajar) dalam penelitian ini diukur
dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini
dimulai dengan mencari persamaan regresi
uji statistik Kolmogorov Smirnov yaitu sebesar 0,984 lebih besar dari 0,05
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial
antara persepsi gaya mengajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil
analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,605 lebih besar dari ttabel
sebesar 1,987. Gaya belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil
belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar
4,893 lebih besar dari ttabel sebesar 1,987. Secara simultan ada pengaruh antara
persepi gaya mengajar guru dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat
dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 42,546 lebih besar
dari nilai Ftabel sebesar 3,15. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara
persepsi gaya mengajar guru dan gaya belajar dengan hasil belajar dengan
koefisien korelasi ganda 0,768 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima,
selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 59,1%.
Kata kunci : persepsi gaya mengajar guru, gaya belajar dan hasil belajar
Bibliografi : lembar 107-109
SS00005841 | Sk 5841 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain