Text
Hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan pada siswa jurusan Pemasaran di SMK Pertiwi Bogor
ABSTRAK
NIAGAWATI. HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN DI SMK PERTIWI BOGOR. Skripsi, Jakarta : Program Study Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar pada siswa Jurusan Pemasaran di SMK Pertiwi Bogor.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasi. Variabel bebasnya adalah Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan pemasaran di SMK Pertiwi Bogor, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Jurusan Pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana sebanyak 105 siswa berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X Berpikir Kreatif diukur menggunakan skala likert. Untuk variabel Y Hasil Belajar diperoleh dari data sekunder berupa hasil rapot. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ=65,11+0,112XUji hipotesis koefisien korelasi hubungan dilakukan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,550 ini berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan thitung sebesar 6,68 dan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung >ttabel, dari penelitian diatas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Berpikir Kreatif dengan Hasil Belajar pada Siswa SMK Pertiwi di Bogor. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 30,24%. Hal ini berarti variasi variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 30,24%.
Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif antara Berpikir Kreatif dengan Hasil belajar pada siswa jurusan pemasaran di SMK PertiwiBogor. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi berpikir kreatif siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 68-69
SS00005849 | SK 5849 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain