Text
Relasi sosial pedagang bendera : studi tentang pedagang bendera asal Cirebon, Jawa Barat
ABSTRAK
Robi Amrullah, Relasi Pedagang Bendera (Studi Tentang Pedagang Bendera Asal Cirebon, Jawa Barat). Skripsi, Jakarta: Program Study Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai sektor informal yang saat ini didominasi oleh masyarakat pedesaan dan mampu bersaing dengan sektor formal. Sektor informal yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pedagang bendera. Penelitian ini menjabarkan bagaimana para pedagang bendera ini membentuk sebuah relasi sosial hingga membuat jaringan. Para pedagang bendera ini pekerjaan utamanya berasal dari berbagai jenis usaha seperti pengayuh Becak, penjual burger hingga pengrajin rotan, menjelang agustusan mereka beralih profesi menjadi pedagang bendera dan para pedagang bendera ini mayoritas berasal dari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dalam upayanya membentuk sebuah relasi para pedagang bendera ini menerapkan prinsip kepercayaan dan kedekatan antar personal satu sama lain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif dengan lokasi penelitian di wilayah Koja, Jakarta Utara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif agar dapat menelaah lebih dalam mengenai pola relasi pedagang bendera, selain itu juga mengetahui strategi yang dilakukan pedagang ketika mereka harus meninggalkan usaha lamanya untuk berganti profesi sementara menjadi pedagang bendera selama Agustusan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipatori dimana peneliti juga ikut merasakan berdagang menjadi pedagang bendera dan wawancara mendalam dengan informan kunci yakni Bapak HM yang sekaligus bertindak sebagai agen utama pemasok ketersediaan barang bendera kepada para pedagang asal Cirebon.
Berdasarkan hasil penelitian, pola relasi yang dilakukan berdasarkan atas pertemanan dan bertujuan agar dapat mengembangkan usaha pedagang bendera ini, karena dari beberapa pedagang bendera tersebut ada juga yang dapat bertindak sebagai Bos bendera bagi pedagang lainnya. Bos tersebut mengambil barang bendera dari Bapak HM kemudian ia salurkan lagi ke pedagang-pedagang lainnya yang kemudian ia sebut sebagai anak buah bagi Bos pedagang bendera tersebut. Kemudian akan dijabarkan pula bagaimana strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang agar ketika mereka berdagang bendera, dia tidak kehilangan pelanggan dari usaha lamanya.
Kata Kunci: Ekonomi Informal, Jaringan Sosial, Kepercayaan (Trust).
Bibliografi : lembar 145-147
SS00005862 | Sk 5862 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain