Text
Hubungan antara sikap terhadap belajar dengan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa SMK Negeri 40 Jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid apakah terdapat hubungan antara hasil belajar Bahasa Inggris dengan sikap terhadap belajarnya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa selama empat bulan terhitung sejak Maret hingga Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMK N 40 Jakarta Timur dengan populasi terjangkau siswa kelas X Program Studi Pemasaran dan Adm. Perkantoran SMK N 40 Jakarta Timur yaitu sebanyak 72siswa. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel populasi, diambil sampel sebanyak 58 orang dengan sampling error 5%. Analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi dari product moment Pearson setelah itu dianalisa untuk mendapatkan hasil final. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 45,63+0,318 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0,065, sedangkan L tabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,116. Karena L hitung Ftabel, yaitu 31,78 > 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.602, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung>t tabel yaitu 5,64> 1.68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.602 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 36,20% yang menunjukkan bahwa 36,20 % variasi hasil belajar Bahasa Inggris siswa ditentukan oleh sikap terhadap belajarnya. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara sikap terhadap belajar dengan hasil belajar Bahasa Inggris siswa
SMK Negeri 40 Jakarta Timur.
Bibliografi : lembar 63-64
SS00005877 | SK 5877 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain