Text
Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pengantar ekonomi bisnis di SMK Negeri 31 Jakarta
ABSTRAK
MELKI FELIX MAPAN Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil
Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis di
SMK Negeri 31 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata
Niaga. Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Jakarta, 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa kelas X pada mata pelajaran
Pengantar Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini dilakukan
selama empat bulan terhitung sejak Februari sampai dengan Mei 2015. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional
(proportional random sampling) dengan sampel sebanyak 58 responden.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (disiplin belajar)
diukur menggunakan kuesioner, dan variabel Y (hasil belajar) diperoleh melalui
ulangan harian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari
persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Y=19,31 + 0.608X,
sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas
X dengan uji Liliefors diperoleh Lhitung (0.076) < Ltabel (0.116), hal ini berarti
sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinieran
regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh
persamaan regresi Fhitung (74,46) > Ftabel (4.03) yang menyatakan regresi berarti
serta uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung (1.03) < Ftabel (1,89) yang
menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Uji hipotesis
koefisien korelasi hubungan antara variabel X dan variabel Y dilakukan dengan
rumus Product Moment dari Pearson yang menghasilkan rxy sebesar 0,755 , ini
berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan thitung
sebesar 8,63 dan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Hasil
Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis di Jakarta.
Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 57,07%. Maka dapat diambil
kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar
dengan Hasil Belajar.
Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 71-72
SS00005880 | SK 5880 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain