Text
Peningkatan kemampuan menulis eksposisi siswa melalui model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis : penelitian tindakan kelas V di SDN Cijantung 09 Petang Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menulis eksposisi melalui model pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis siswa kelas V SDN Cijantung 09 Petang Jakarta Timur.
Penelitian ini dilakukan di SDN Cijantung 09 Petang Jakarta Timur pada November-Desember 2012.
Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
dan kualitatif, dengan jumlah sampel 40 orang siswa. Dalam penelitian ini, tindakan yang diberikan berupa penerapan model Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas V. Sesuai dengan metode yang digunakan, penelitian ini dilakukan melalui siklus. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 6 langkah yakni refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap refleksi, tahap evaluasi.
Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus 1 rata-rata nilai mencapai 65,85. Dan siklus ke 2 rata-rata nilai adalah 72,15. Dari segi siswa 35 orang yang mencapai nilai 70 ke atas pada siklus II. Terjadi peningkatan pada lebih dari 75% siswa bila dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan secara
kualitatif juga terlihat dari wawancara siswa yang menyatakan beberapa hal seperti bertambahnya kemampuan mengemabngkan amanat, memahami pembelajaran dengan baik. Melihat data-data tersebut, penelitian ini dikatakan berhasil dan telah mencapai kriteria nilai yang ditentukan peneliti yaitu rata-rata nilai 70.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Keterpaduan seluruh aspek
kebahasaan serta apresiasi sastra diharapkan mampu memenuhi tujuan
yang ingin dicapai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.
Kata Kunci: Menulis Eksposisi, Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, Penelitian Tindakan kelas
Bibliografi : lembar 125-129
TM00004622 | TM 4622 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain