Text
Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pada siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Tirta Sari Surya Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pada siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung mulai bulan November 2014 hingga April 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan administrasi perkantoran SMK Tirta Sari Surya Jakarta yang berjumlah 320 siswa, populasi terjangkau adalah kelas X jurusan administrasi perkantoran sejumlah 137 siswa, dan sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Kemandirian Belajar) diukur menggunakan kuesioner skala likert). Untuk variabel Y (Hasil Belajar) diukur menggunakan data nilai rata-rata ulangan harian siswa. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 45.18 + 0.435X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0.064 sedangkan Ltabel 0.089 karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 33.90 dan Ftabel sebesar 3.96. Fhitung (33.90) > Ftabel (3.96) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan F tabel 1.67 sedangkan F hitung 1.13. Fhitung (1.13) < Ftabel (1.67) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0.507. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (5.82) > ttabel (1.66). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pada siswa jurusan administrasi perkantoran SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 25.70% maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 63-66
SS00005962 | Sk 5962 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain