Text
Kebiasaan belajar dan konsep diri dengan hasil belajar akuntansi : studi korelasi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Mahadhika 1 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan konsep diri dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK Mahadhika 1 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X akuntansi yang berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 91 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan kuesioner. ebelum instrument digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel kebiasaan belajar (X1) dan konsep diri (X2) dengan hasil dari 47 butir penyataan variabel X1 yang telah divalidasi sebanyak 35 butir pernyataan dinyatakan valid dan sisanya sebanyak 12 butir drop, dan dari 44 butir pernyataan variabel X2 yang telah divalidasi sebanyak 36 butir pernyataan dinyatakan valid dan sisanya sebanyak 8 butir drop. Setelah itu dilakukan uji reliabilitas dan didapatkan hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,937 sedangkan hasil reliabilitas variabel X2 sebesar 0,932. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS 21.0 dengan mencari uji persyaratan analisis. Uji normalitas Y sebesar 0,838, X1 sebesar 0,965, dan X2 sebesar 0,672 yang semuanya lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Hasil uji linieritas X1 dengan Y sebesar 0,000 dan uji linieritas X2 dengan Y sebesar 0,010 yang keduanya kurang dari signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar dengan hasil belajar dan konsep diri dengan hasil belajar mempunyai hubungan yang linier. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 23,895 + 0,251 + 0,183 . Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (14,858) > Ftabel (3,100), hal ini berarti kebiasaan belajar dan konsep diri secara bersama-sama berhubungan dengan hasil belajar. Uji t menghasilkan thitung kebiasaan belajar (4,405) > ttabel (1,987) dan thitung konsep diri (2,257) > ttabel (1,987). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar dan konsep diri dengan hasil belajar. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dan konsep diri dengan hasil belajar akuntansi dengan koefisien korelasi ganda 0,502 yang berarti hipotesis penelitian diterima, dan selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R 2)sebesar 25,2%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kebiasaan Belajar, Konsep Diri.
Bibliografi : lembar 96-99
SS00005967 | Sk 5967 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain