Text
Peningkatan hasil belajar kebahasaan II materi frase dalam kalimat tunggal Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw : suatu penelitian tindakan kelas di prodi PGSD FKIP Universitas Pakuan
ABSTRAK
Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester III-A pada tingkat penguasaan minimal 80% atau nilai mutu huruf B pada mata kuliah Kebahasaan II dengan materi frase dalam kalimat tunggal bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Proses pembelajaran dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas dua tindakan.
Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa semeseter III-A Tahun Akademik 2012-2013. Jumlah subjek sebanyak 35 orang dengan karakteristik latar belakang dan kemampuan akademik yang heterogen.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil dan proses pembelajaran mata kuliah Kebahasaan II dengan materi frase dalam kalimat tunggal bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Nilai rata-rata hasil belajar menunjukkan
peningkatan, yaitu dari hasil tes Prapenelitian sebesar 34, berubah menjadi 80 pada tes siklus I dan bertambah menjadi 89 pada hasil tes siklus II.
Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata hasil tes siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar frase dalam kalimat tunggal bahasa Indonesia.
Kata kunci : hasil belajar, frase, pembelajaran kooperatif, model
pembelajaran jigsaw
Bibliografi : lembar 216-219
TM00004603 | TM 4603 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain