Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada siswa di SMKN 46 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada siswa di SMKN 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan April 2015. Metode penelitian yang digunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 46 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas XIIAdministrasi Perkantoran yang berjumlah 80 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 65 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari nilai ulangan mata pelajaran Kewirausahaan pada aspek kognitif. Sedangkan data variabel X (Kecerdasan Emosional) instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert. Instrumen yang digunakan menggunakan kuesioner replika yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya, dari 16 butir pertanyaan setelah divalidasi tidak ada yang drop. Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,871 dan membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 52,93 + 0,411 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0679, sedangkan Ltabel untuk n = 65 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1098. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,94 < 1,82, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 37,82 > 4,00, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,612, selanjutnya dilakukan uji koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 6,15 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,612 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37,51% yang menunjukkan bahwa 37,51% variasi hasil belajar ditentukan kecerdasan emosional dan sisanya 62,49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional.
Bibliografi : lembar 64-66
SS00005969 | Sk 5969 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain