Text
Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana Bahasa Inggris melalui metode kooperatif dengan teknik jigsaw : penelitian tindakan kelas di kelas IV SDK Penabur Kota Modern Tangerang
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw, untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana bahasa Inggris.
Penelitian dilaksanakan di SDK Penabur Kota Modern Tangerang, dengan subyek penelitian siswa kelas IVB yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan menulis kalimat sederhana khususnya tentang “Describing People”, dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana bahasa Inggris khususnya tentang “Describing People”, dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Hal ini dibuktikan dengan nilai kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada siklus I yaitu 72,2% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 90,6% siswa yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II.
Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw, membuat siswa tanggung jawab dan aktif bekerja sama dalam belajar. Guru bisa mengembangkan metode ini secara inovatif sesuai kebutuhan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna.
Kata kunci : metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning), teknik jigsaw, kemampuan menulis kalimat sederhana bahasa Inggris, Describing People, penelitian tindakan kelas
Bibliografi : lembar 150-152
TM00004609 | TM 4609 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain