Text
Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi SMK Negeri 19 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 19 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan, terhitung mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa/siswi SMK Negeri 19 Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan sampel sebanyak 58 guru. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data Variabel X1 (Gaya Belajar), X2 (Motivasi Belajar) dan Y (Hasil Belajar) dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi ganda dan diperoleh persamaan regresi Ŷ=27,496+0,153X1+0,276X2, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan melihat hasil uji statistic Kolmogorov Smirnov yaitu sebesar 0,984, lebih besar dari 0,05 (> 0,05), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji linieritas dengan melihat ANOVA Tabel yang diperoleh dari Y dengan X1 (X2 dianggap konstan), dan Y dengan X2 (X1 dianggap konstan) diperoleh Deviation from Linearity sebesar 0,562 dan 0,705. Lebih besar dari 0,05 ( > 0,05) yang menyatakan terdapat hubungan yang linier dan signifikan. Uji korelasi simultan menghasilkan nilai R sebesar 0,738, maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar memiliki hubungan positif yang kuat. Uji hipotesis melalui Uji F menghasilkan Fhitung>Ftabel sebesar 32,864 > 3,16 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 19 Jakarta. Uji koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,544 atau 54,4%, maka dapat diambil keputusan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa.
Bibliografi : lembar 91-93
SS00005976 | SK 5976 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain