Text
Hubungan antara kepercayaan merek dengan loyalitas merek Smartphone Samsung pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan merek dengan loyalitas merek pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung bulan Maret sampai Juni 2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tata Niaga. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2011 sampai 2014 yang menggunakan smartphone Samsung berjumlah 78 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 65 orang dengan menggunakan teknik acak sederhana yang diambil secara proporsional.Bentuk hubungan antara kepercayaan merek dengan loyalitas merek memiliki persamaan regresi Ŷ = 38,56 + 0,61X. Berdasarkan hasil perhitungan Lo 0,0498 < Lt 0,1099, maka hasil perhitungan uji normalitas galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji F diketahui bahwa nilai regresi linier dengan Fhitung (1,05) < Ftabel (1,90). Hubungan antara kepercayaan merek dengan loyalitas merek adalah signifikan dengan nilai regresi Fhitung (14,79) > Ftabel (3,99). Hubungan yang positif antara kepercayaan merek dengan loyalitas merek pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga FE UNJ dapat ditunjukkan dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,437 dan thitung (3,852) > ttabel (1,67), artinya semakin tinggi kepercayaan merek maka akan semakin tinggi loyalitas merek.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan merek dengan loyalitas merek pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Loyalitas merek mahasiswa Pendidikan Tata Niaga FE UNJ ditentukan oleh kepercayaan merek sebesar 19,06% dan sisanya 80,94% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, yaitu citra merek, harga, desain produk, kepuasan, dan promosi penjualan.
Kata kunci: Loyalitas Merek, Kepercayaan Merek
Bibliografi : lembar 72-74
SS00006007 | SK 6007 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain