Text
Hubungan antara atribut produk dengan kepuasan pelanggan Smartphone Smartfren Andromax pada siswa SMK Negeri 31 di Jakarta Pusat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara atribut produk dengan Kepuasan Smartphone Smartfren Andromax pada Siswa SMK Negeri 31 di Jakarta Pusat berdasarkan data dan fakta yang valid dan reliabel.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 31, Jakarta Pusat. Selama empat bulan terhitung sejak Maret 2015 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pengguna smartfren andromax. Populasi terjangkaunya siswa pengguna smartfren andromax kelas X sebanyak 56 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 48 orang.Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Atribut Produk (Variabel X) dan Kepuasan Pelanggan (Variabel Y).Sebelum instrumen ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 34 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 5 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 29 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 34 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 6 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 28 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,904 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,916. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable.Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 74,88 + 0,34X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung =0,1213, sedangkan L tabel untuk n = 48 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1279. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,21 Ftabel , yaitu 45,70> 4,05, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,706, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung =6,760 dan ttabel=1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,706 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 49,83% yang menunjukkan bahwa 49,83% variasi kepuasan pelanggan ditentukan oleh atribut produk.
Kata kunci:Kepuasan Pelanggan, Atribut Produk.
Bibliografi : lember 70-72
SS00006013 | SK 6013 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain