Text
Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 44 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid dan dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 44 Jakarta selama 4 bulan terhitung dari bulan Maret sampai bulan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 44 Jakarta. Dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas X Pemasaran yaitu sebanyak 61 siswa. Kemudian berdasarkan tabel Isaac dan Michael, diambil sampel sebanyak 51 siswa dengan taraf kesalahan 5%.Untuk menjaring data dari variabel X digunakan kuesioner model skala likert untuk Gaya Belajar. Sebelum instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas terlebih dahulu. Untuk variabel X, dari 39 butir pernyataan setelah di validasi, terdapat 3 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 36 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas variabel X mengguanakn rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,965 yang berarti tingkat reliabilitas instrumen akan menunjukkan angka yang sangat tinggi, sedangkan data variabel Y (Hasil Belajar) diambil dari rata-rata nilai raport semester 1 pada kelas X Pemasaran.Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 63,61 + 0,08X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,1019, sedangkan Ltabel untuk n = 51 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1240 karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel 1,14 < 1,96 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linear. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 15,64 > 4,04, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,501 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 25,07% yang menunjukkan bahwa 25,07% Hasil Belajar ditentukan oleh Gaya Belajar.Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 44 Jakarta.
Kata kunci: Hasil Belajar, Gaya Belajar
Bibliografi : lembar 67-69
SS00006015 | SK 6015 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain