Text
Hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan keputusan pembelian Smartphone Merek Smartfren pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
RIZKY PRIMANINGRUM. HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN
KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
SMARTPHONE MEREK SMARTFREN PADA MAHASISWA JURUSAN
EKONOMI DAN ADMINISTRASI FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Skripsi, Jakarta: Program Studi
Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan
berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya
tentang seberapa besar hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan
keputusan pembelian smartphone merek smartfren pada mahasiswa Jurusan
Ekonomi dan Administrasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasi. Variabel
bebasnya adalah citra merek dan kualitas produk serta keputusan pembelian
sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
Jurusan Ekonomi dan Administrasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya mahasiswa di Jurusan Ekonomi dan
Administrasi angkatan 2011 dan 2014. Sampel yang digunakan sebanyak 110
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik acak sederhana sebanyak 84 mahasiswa berdasarkan tabel Isaac dan
Michael dengan taraf kesalahan 5%.
Teknik analisis data dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis melalui uji
normalitas dengan tingkat signifikansi sebesar 0,928 artinya data berdistribusi
normal dan uji linearitas dari masing-masing variabel sebesar 0,000 sehingga
memiliki hubungan linier. Sedangkan dari tabel koefisien regresi linier nilai
tolerance sebesar 0,452 dan VIF sebesar 2,214 yang berarti kurang dari 10.
Sedangkan regresi linier berganda diperoleh nilai r sebesar 0,597 dan 0,596.
Persamaan regresi berganda Ŷ = 24,299 + 0,355 (X1) + 0,244 (X2). Fhitung (28,002)
> Ftabel (3,11). Nilai R sebesar 0,639.
Hasil Penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif dan signifikan
antara citra merek dan kualitas produk dengan keputusan pembelian smartphone
merek smartfren pada mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Administrasi di Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi
citra merek dan kualitas produk maka semakin tinggi keputusan pembelian pada
mahasiswa.
Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Bibliografi : lembar 111-113
SS00006025 | SK 6025 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain