Text
Hubungan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas merek Kentucky Fried Chicken (KFC) Arion Mall pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas merek Kentucky Fried Chicken (KFC) Arion Mall pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 (empat) bulan, yaitu terhitung dari bulan Maret 2015 sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2013 dan angkatan 2014 yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana sebanyak 48 mahasiwa Program Studi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2013 dan angkatan 2014 . Persamaan regresi linier yang dihasilkan adalah Ŷ = 12,48 + 0,7535 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dilakukan dengan uji lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0630, sedangkan Ltabel untuk n = 48 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,1279. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,81 < 2,00, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung 58,42 > Ftabel 4,05, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,748, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 7,643 dan ttabel = 1,678. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 55,95% yang menunjukkan bahwa 55,95% variasi loyalitas merek ditentukan oleh kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Loyalitas Merek, Kepuasan Pelanggan,
Bibliografi : lembar 84-87
SS00006026 | SK 6026 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain