Text
Pengaruh financial literacy terhadap perilaku komsumtif pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2013
ABSTRAK
RAHMA DWI ANITA. Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta Tahun Angkatan 2013.Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang pengaruh financial literacy terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta Tahun Angkatan 2013. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi strata satu tahun angkatan 2013, dan sampelnya yaitu kelas Akuntansi 1 dan Akuntansi 2yang berjumlah 67 mahasiswa. Jumlah sampel yang dijadikan penelitian adalah 58 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuesioner berjumlah 34 butir untuk variabel financial literacydan 32 butir untuk variabel perilaku konsumtif.Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi Ŷ = 162,34 - 0,600X. Data dinyatakan normal karena hasil dari Lhitung< Ltabel dengan jumlah Lhitung sebesar 0,064 dan Ltabel dengan taraf signifikan 5% serta n = 58 orang maka 0,116. Berdasarkan uji linieritas regresi, didapatkan hasil data berbentuk linier yaitu hasil fhitung< ftabel dengan hasil perhitungan fhitungsejumlah 1,08 dan ftabel sebesar 2,21. Berdasarkan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapatkan hasil data bahwa regresi diperoleh memiliki keberartian atau signifikan yaitu hasil perhitungan didapatkan bahwa Fhitung> Ftabel dengan Fhitung sebesar 25,89 dan Ftabel sebesar 4,02. Uji koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa rxy sebesar -0,562 yang artinya bahwa terdapat hubungan antara pengaruh financial literacy terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (Uji-t) didapatkan hasil bahwa thitung sebesar -5,09 dengan ttabel pada n-2 (58-2) = -1,68. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan di antara kedua variabel karena hasil thitung> ttabel. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel menghasilkan sebesar 31,61% yang berarti finnacial literacy dapat mempengaruhi perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Financial Literacy, Perilaku Konsumtif
Bibliografi : lembar 89-92
SS00006031 | Sk 6031 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain