Text
Pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Program Akuntansi SMK Sandikta
ABSTRAK
SONI OKABRIAN. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa
Kelas XI Program Akuntansi SMK Sandikta. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi
Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Administrasi,
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang
pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Program
Akuntansi SMK Sanditkta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan
pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan
Juni 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Sandikta.
Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang
berjumlah 111 siswa. Jumlah sampel yang dijadikan penelitian adalah 86 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuesioner berjumlah 36
butir untuk motivasi kerja dan 40 butir untuk variabel kesiapan kerja. Dari uji
persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan
linier dengan persamaan regresiƶ = 78,51 + 0,453X. Data dinyatakan normal
karena hasil dari Lhitung< Ltabel dengan jumlah Lhitung sebesar 0,065 dan Ltabel
dengan taraf signifikan 5% serta n = 86 orang maka 0,095. Berdasarkan uji
linieritas regresi, didapatkan hasil data berbentuk linier yaitu hasil fhitung< ftabel
dengan hasil perhitungan fhitung sejumlah 1,135 dan ftabel sebesar 1,68. Berdasarkan
uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapatkan hasil data bahwa regresi
diperoleh memiliki keberartian atau signifikan yaitu hasil perhitungan didapatkan
bahwa Fhitung> Ftabel dengan Fhitung sebesar 17,24 dan Ftabel sebesar 3,95. Uji
koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa rxy sebesar 0,413 yang
artinya bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara motivasi kerja dengan
kesiapan kerja siswa. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (Uji-t)
didapatkan hasil bahwa thitung sebesar 4,15 dengan ttabel pada n-2 (86-2) = 1,67. Hal
ini berarti terdapat hubungan yang signifikan di antara kedua variabel karena hasil
thitung> ttabel. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel
menghasilkan 0,1723 yang berarti bahwa sebesar 17,23% motivasi kerja siswa
dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa.
Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kesiapan Kerja Siswa
Bibliografi : lembar 67-70
SS00006032 | SK 6032 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain