Text
Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X di SMK Negeri 31 Jakarta
ABSTRAK
DENI ROMADONI. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan
Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Di SMK Negeri 31 Jakarta. Skripsi,
Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan
Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas X Di SMK
Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung April
sampai Juni 2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei dengan
pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Di SMK
Negeri 31 Jakarta sebanyak 168 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran (AP1) dan (AP2) Di SMK Negeri 31
Jakarta sebanyak 68 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 58 orang dengan
menggunakan teknik acak sederhana.
Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi linear
sederhana dan didapat Ŷ = 24,13 + 0,57 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas galat taksiran Y atas X dengan uji coba liliefors didapat L hitung (0,0554) <
L tabel (0,116). Ini menandakan bahwa model regresi berdistribusi normal. Sedangkan
uji kelinearan regresi didapat Fhitung (0,80) < Ftabel (1,88). Ini menunjukkan bahwa
model regresi linear. Dari uji hipotesis dengan uji keberatian regresi diketahui bahwa
model regresi berarti Fhitung (14,86) > Ftabel (4.01). dari uji hipotesis dengan uji
koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,458, maka ini
berarti terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan pola asuh
orang tua. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = 3,855 > ttabel = 1,67, sehingga ini
menunjukkan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara pola asuh orang tua
dengan kecerdasan emosional. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien
determinasi diperoleh nilai 20,97% yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional
ditentukan oleh pola asuh orang tua sebesar 20,97%.
Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara
pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X di SMKN 31
Jakarta. Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka
akan semakin tinggi pula pola asuh orang tua.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orang Tua
Bibliografi : lembar 65-67
SS00006033 | Sk 6033 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain