Text
Pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada siswa di SMK kawula Indonesia Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kkpi di SMK Kawula Indonesia. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2015 sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Kawula Indonesia. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 117 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan cara merata-ratakan hasil nilai ulangan harian mata pelajaran kkpi di semester 2, sedangkan data motivasi belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,667 > nilai ttabel sebesar 1,666. Perhatian orang tua berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,263 > nilai ttabel sebesar 1,666. Motivasi belajar dan perhatian orang tua secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 23,667 > nilai Ftabel sebesar 3,103. Persamaan regresi yang didapat adalah Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2sebesar 0,355 yang berarti motivasi belajar (X1) dan perhatian orang tua (Y) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 35,5%.
Bibliografi : lembar 79-81
SS00005982 | SK 5982 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain