Text
Perbedaan hasil belajar pengantar akuntansi dan keuangan antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model Jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 40 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 40 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakanyaitu randomized posttest-only comparison group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 40 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 72 siswa. Jumlah sampel yang dijadikan penelitian adalah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa post-test. Sedangkan teknik analisis datayang digunakan yaitu uji persyaratan analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji-t). Sampel penelitian menggunakan kelas kontrol yaitu X AK1 menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dan kelas eksperimen yaitu X AK 2 menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Dari hasil uji normalitas, kedua data dinyatakan berdistribusi normal karena hasil dari Lhitung < Ltabel pada kelas X AK 1 menunjukkan bahwa Lhitung = 0,1053 dan Ltabel = 0,1582. Sedangkan kelas X AK 2 menunjukkan Lhitung = 0,1109 dan Ltabel = 0,1582. Berdasarkan hasil uji homogenitas, datanya dinyatakan homogen yaitu hasil Fhitung < Ftabel dengan hasil perhitungan Fhitung = 1,36 dan Ftabel = 1,84. Berdasarkan uji hipotesis (uji-t), didapatkan hasil thitung > ttabel dengan hasil perhitungan thitung = 2,33 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 0,05 maka datanya dikatakan signifikan yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw.
Bibliografi : lembar 74-77
SS00005993 | SK 5993 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain