Text
Pengaruh kesiapan belajar dan interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar akuntansi di SMK 50 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh antara Kesiapan Belajar dan Interaksi Belajar Mengajar dengan Hasil Belajar Akuntansi Siswa kelas X Akuntansi SMKN 50 Jakarta. Penelitian dilakukan selama dua bulan terhitung mulai bulan April hingga Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 50 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 61 siswa. Data variabel (Y) hasil belajar mata pelajaran akuntansi merupakan data sekunder yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Sedangkan data variabel kesiapan belajar dan interaksi belajar mengajar diperoleh dari kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X1 (kesiapan belajar) dan X2 (interaksi belajar mengajar) diukur menggunakan skala likert. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel X1 dengan hasil dari 30 butir penyataan variabel X1 yang telah divalidasi sebanyak 25 butir pernyataan dinyatakan valid dan sisanya sebanyak 5 butir drop, dan dari 30 butir pernyataan variabel X2 yang telah divalidasi sebanyak 26 butir pernyataan dinyatakan valid dan sisanya sebanyak 4 butir drop. Setelah itu dilakukan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1 sebesar 0,880 sedangkan hasil reliabilitas variabel X2 sebesar 0,848. Uji normalitas Y sebesar 0,248, X1 sebesar 0,933, dan X2 sebesar 0,530 yang semuanya lebih dari taraf signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Uji linieritas dilihat dari hasil output test of linearity pada taraf signifikansi 0,05. Hasil uji linieritas X1 dengan Y sebesar 0,000 yang kurang dari signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan kesiapan belajar dengan hasil belajar mempunyai hubungan yang linier. Lalu hasil uji linieritas X2 dengan Y sebesar 0,001 yang kurang dari signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar mempunyai hubungan yang linier. Persamaan yang didapat adalah Ŷ = 50,579 + 0,2171 + 0,1372. Uji hipotesis yaitu uji F menghasilkan F hitung (13,078) > F tabel (3,156), hal ini berarti kesiapan belajar dan interaksi belajar mengajar secara bersama-sama berpengaruh dengan hasil belajar. Uji t menghasilkan t hitung kesiapan belajar (2,917) > t tabel (2,002) dan t hitung interaksi belajar mengajar (2,140) > t tabel (2,002). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar dan interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kesiapan belajar dan interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar akuntansi sebesar 31,1%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kesiapan Belajar, Interaksi Belajar Mengajar
SS00005998 | SK 5998 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain