Text
Hubungan motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta
ABSTRAK
ANISHAMUSTIKA. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 50 Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 50 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 72 orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,969 lebih besar dari ttabel sebesar 2,004. Kebiasaan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,116 lebih besar dari ttabel sebesar 2,004. Secara simultan ada pengaruh antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 25,626 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,18. Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,695 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 48%.
Kata kunci : Motivasi Berprestasi, Kebiasaan belajar, Hasil belajar.
Bibliografi : lembar 107-110
SS00006127 | SK 6127 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain