Text
Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Mahadhika 1 Jakarta
ABSTRAK
RAIZSA FAJRIAH. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Mahadhika 1 Jakarta. Menurut Raymond, dengan adanya faktor lingkungan belajar dan kemandirian belajar akan meningkatkan nilai akademik. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan teknik kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Mahadhika 1 Jakarta berjumlah 96 siswa dengan sampel 77 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t, dan uji f. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: 1) Ada pengaruh secara parsial antara kemandirian belajar dan prestasi belajar, dengan hasil analis data yang menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,157> 1,993). 2) Lingkungan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar, dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,440 > 1,993). 3) Secara simultan ada pengaruh ada pengaruh antara kemandiria belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar, dengan hasil analisis data yang menunjukkan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (14,579 > 3,12). Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,532 yang berarti hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 28,3%. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan: a) peningkatan kemandirian belajar pada indikator percaya diri dalam belajar, dengan cara memberikan motivasi atas kemampuan yang dimiliki siswa, melatih mengerjakan tugas secara mandiri, tidak memberikan hukuman/sanksi bila siswa salah. b) lingkungan belajar yang kondusif akan membuat kualitas belajar siswa meningkat, dalam hal ini sarana dan prasarana harus mendukung pembelajaran, dengan cara terpenuhinya laboratorium yang dibutuhkan siswa, tersedianya gedung yang memadai, tersedianya ruang khusus belajar siswa, tersedianya pelayanan dan perlengkapan kebutuhan sekolah yang lengkap.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar
Bibliografi : lembar 100-103
SS00006155 | SK 6155 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain