Text
Hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 48 Jakarta
ABSTRAK
RIRIN LELA FASETALIA. 8105112209. Hubungan Antara Minat Baca
Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Negeri 48 Jakarta. Skripsi,
Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan
Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat
baca dengan prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini
dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2015 sampai dengan bulan Mei
2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan
pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di
SMK Negeri 48 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa dengan menggunakan teknik
proportional random sampling. Data Prestasi Belajar (Variabel Y) merupakan
data sekunder berupa rata-rata rapot semester 2. Sedangkan data Minat Baca
(Variabel X) merupakan data primer berupa instrumen yang diukur dengan
menggunakan model skala likert. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ =
39,858 + 0,093X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran
regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,068 dan Ltabel =
0,116. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal karena
Lhitung (0,068) < Ltabel (0,116). Kemudian uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung
(1,07) < Ftabel (2,00), artinya persamaan regresi tersebut linear. Pengujian hipotesis
dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 29,13 dan Ftabel = 4,02,
karena Fhitung > Ftabel, maka persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien
korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,585, selanjutnya
dilakukan uji koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung =
5,40 dan ttabel 1,68. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa koefisien korelasi
rxy = 0,585 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar
34,21% menunjukkan bahwa 34,21% variasi prestasi belajar ditentukan oleh
minat baca dan sisanya 65,79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar pada siswa
SMK Negeri 48 Jakarta.
Kata Kunci: Minat Baca, Prestasi Belajar.
Bibliografi : lembar 61-63
SS00006148 | SK 6148 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain