Text
Pengaruh persepsi kualitas dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian : survei terhadap pengguna printer Merek Epson dan pengguna printer Merek Canon
ABSTRAK
YULIA ELISABET STEFANI, 2015; Pengaruh Persepsi Kualitas dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian (Survei terhadap Pengguna Printer Merek Epson dan Pengguna Printer Merek Canon). Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Program Studi Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Dr. Mohamad Rizan, SE, MM & Agung Kresnamurti RP, ST, MM
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui deskripsi dari keputusan pembelian, persepsi kualitas, dan persepsi risiko pengguna printer merek Epson dan pengguna printer merek Canon, 2) untuk menguji pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian pengguna printer merek Epson dan pengguna printer merek Canon, 3) untuk menguji pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian pengguna printer merek Epson dan pengguna printer merek Canon, 4) untuk menguji secara bersama-sama pengaruh persepsi kualitas dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian pengguna printer merek Epson dan pengguna printer merek Canon, 5) untuk mengetahui adanya perbedaan antara keputusan pembelian printer merek Epson dan printer merek Canon. Objek penelitian ini adalah 100 orang yang pernah menggunakan printer Epson dan printer Canon. Hasil pengujian deskriptif menjelaskan bahwa printer merek Epson lebih unggul dibanding printer merek Canon dari segi persepsi kualitas dan persepsi risiko, meskipun data dari Top Brand Index menempatkan Canon pada urutan pertama di tiga tahun terakhir. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: 1) Adanya pengaruh yang signifikan dari persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian (Epson: 32.1%; Canon: 34.4%). 2) Adanya pengaruh yang signifikan dari persepsi risiko terhadap keputusan pembelian (Epson: 4.9%; Canon: 24%). 3) Persepsi kualitas dan persepsi risiko secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Epson: 35.8%; Canon: 38.5%). 4) Terdapat perbedaan antara keputusan pembelian printer Epson dan printer Canon (t hitung > t tabel {3.703 > 1.984}).
Bibliografi : lembar 104-106
SS00006175 | SK 6175 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain