Text
Hubungan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada koperasi karyawan PT. Basuki Pratama Engineering di Jakarta Timur
ABSTRAK
AHMAD HIGUITA. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Koperasi Karyawan PT. Basuki Pratama Engineering, Di Jakarta Timur Skripsi, Jakarta : Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di koperasi karyawan PT. Basuki Pratama Engineering Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey explanatory. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi karyawan pada PT. Basuki Pratama Engineering. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi karyawan PT. Basuki Pratama Engineering. Sampel yang digunakan sebanyak 32 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling, instrument yang digunakan untuk Variabel X (Kualitas Pelayanan ) dan Variabel Y (Keputusan Pembelian) berbentuk kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 47,65 + 0,590X sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors diperoleh Lhitung (0,105) < Ltabel (0,157), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinieran regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (19,63) > Ftabel (4,17) yang menyatakan regresi berarti. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung (2,35) < Ftabel (5,77) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Uji hipotesis koefisien korelasi hubungan antara variabel X dan variabel Y dilakukan dengan rumus Product Moment dari Pearson yang menghasilkan rxy sebesar 0,629, Dengan taraf signifikansi α = 0.05 dari sampel sebanyak 32 anggota sehingga dapat disimpulkan bahwa rxy = 0,629 > 0. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X (kualitas pelayanan) dengan variabel Y (keputusa pembelian). Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung = [4,43]; sedangkan t tabel = 1.70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, Ho ditolak, maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (Kualitas Pelayanan) dengan Variabel Y (Keputusan Pembelian).
Bibliografi : lembar 62-63
SS00006181 | SK 6181 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain