Text
Strategi pembelajaran sosial pada anak penderita autis di SLB : studi kasus di SLB Mardi Asih Jakarta Timur
ABSTRAK
Hanna Marissa, Strategi Pembelajaran Sosial Pada Anak Penderita Autis Di
SLB Kelas 7 Dan 9 SLB Mardi Asih Jakarta Timur. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran sosial seperti
apakah yang digunakan oleh guru terhadap siswa penderita autis kelas 7 dan 9 di SLB
Mardi Asih Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan
November sampai dengan Maret 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian
melalui pendekatan studi kualitatif, dimana data diperoleh melalui pengamatan,
observasi kelas, wawancara serta dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian
ini diperoleh dari informan yang cukup mengetahui fokus penelitian. Sumber data
yang diperoleh terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Sekolah dan Pengelola SLB
Mardi Asih (Wakil Kepala Sekolah), serta informan inti yaitu salah satu guru di SLB
Mardi Asih.
Berdasarkan penelitian strategi pembelajaran sosial di SLB Mardi Asih
terhadap siswa penderita autis kelas 7 dan 9 diawali dengan strategi mendekatkan diri
terhadap siswa penderita autis dengan mengenal karakteristik mereka terlebih dahulu,
seperti berkomunikasi dengan cara menyentuh, memberikan perintah secara personal,
memberikan reward atas kemajuan yang dialami siswa dan menggunakan media
gambar, foto, film atau video sebagai alat bantu pembelajaran. Kemudian dengan
selalu mengaitkan pelajaran sebelumnyadengan nilai moral yang ada di lingkungan
sosial.
Hasil penelitian, Strategi pembelajaran sosial yang paling cocok dan mampu
membuat siswa penderita autis di SLB Mardi Asih mengerti serta memahami setiap
pembelajaran sosial yang diajarkan oleh guru adalah melalui sentuhan dan perintah
personal, kemudian strategi pembelajaran sosial yang dilakukan guru terhadap siswa
penderita autis kelas 7 dan 9 sudah baik seperti memakai strategi pendekatan diri
terhadap siswa penderita autis berdasarkan karakteristiknya terlebih dahulu dan selalu
mengaitkan pembelajaran sosial dengan nilai moral yang ada di lingkungan sosial.
Kata kunci : Strategi pembelajaran, Pembelajaran sosial, Guru, Siswa autis,
Sekolah Luar Biasa (SLB).
Bibliografi : lembar 125-126
SS00006285 | Sk 6285 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain