Text
Perbedaan motivasi belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta
ABSTRAK
FATIMAH FATIHATUSHSHALIHAH. Perbedaan Motivasi Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 31 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Ekonomi dan Administrasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan yang menggunakan tipe NHT pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X SMK. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, dimulai pada bulai April 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi terjangkau adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 66 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1, yang berjumlah 30 siswa (kelas eksperimen) dan X Akuntansi 2, yang berjumlah 28 siswa (kelas kontrol). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara simple random sampling.
Data motivasi belajar diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk skala likert. Dimana variabel X dari 40 pertanyaan, yang valid sebanyak 31 butir pernyataan, sisanya 9 butir drop. Kemudian dihitung reliabilitasnya dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,855. Hal ini membuktikan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Hasil normalitas data untuk variabel X1 dan X2 menghasilkan Lhitung lebih kecil dari Ltabel (Lo < Lt). Hal ini berarti data variabel X1 dan X2 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data adalah Fhitung < Ftabel. Hal ini berarti kedua data memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji perbedaan dua rata-rata, didapat thitung 3,64 dan ttabel 1,67. maka thitung > ttabel.
Hasil perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan yang menggunakan tipe NHT.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Motivasi Belajar.
SS00006262 | SK 6262 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain