Text
Hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar akuntansi di SMK swasta Rahayu Mulyo Jakarta Timur
ABSTRAK
Wiwin Indah Purnamasari, Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan
Hasil Belajar Akuntansi Di SMK Swasta Rahayu Mulyo Jakarta Timur, Skrpsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahid, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar akuntansi siswa SMK Rahayu Mulyo Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung pada bulan Maret-Mei 2015. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Rahayu Mulyo yang
terdaftar pada tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 889 siswa. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI yang berjumlah 340 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan sebanyak 25% dari jumlah tiap kelas yang digolongkan untuk siswa kelas XI Akuntansi, sehingga sampel diperoleh 44 siswa.
Teknik pengumpulan data mengenai lingkungan belajar (X) diambil dari angket tertutup sesuai dengan skala likert. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validasi untuk mengetahui seberapa cermat atau sahid suatu tes dengan menggunakan “r” Product moment dari 43 pertanyaan yang diberikan kepada siswa, hanya 36 pernyataan yang valid. Pengujian reliabilitas untuk mengungkapkan data yang bisa dipercaya menggunakan rumus Alpha Cronbach yang menghasilkan
reliabilitas instrument 0,958 untuk angket lingkungan belajar. Hasil uji reliabilitas membuktikan bahwa butir pernyataan dalam angket ini adalah reliable. Sedangkan hasil belajar Akuntansi (Y) diperoleh dari nilai ujian yang diadakan oleh guru mata pelajaran akuntansi semester ganil tahun ajaran 2014-2015.
Sebelum teknik analisis data digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang meliputi pengujian normalitas untuk mengetahui apakah populasi berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan rumus Liliefors dan linieritas persamaan regresi untuk memprediksi hubungan antara dua variabel yang diteliti. Uji normalitas menghasilkan Lhitung 0,089 dengan taraf signifikan α = 0,05 untuk sampel 44 diperoleh Ltabel 0,133. Berdasarkan perhitungan Lhitung < Ltabel maka variabel X dan variabel Y berasal dari populasi berdistribusi normal artinya sebaran data normal diterima. Sedangkan persamaan regresi diperoleh Ŷ = 3,859+0,615X.
Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis, untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (19,07) > Ftabel (4,07) hal ini menunjukkan bahwa regresi berarti.
Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,80) < Ftabel (2,09) hal ini menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan linier. Uji koefisien korelasi menggunakan “r” Product moment diperoleh rhitung 0,559 > rtabel 0,927.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya data-data hasil belajar akuntansi siswa berhubungan dengan lingkungan belajar. Dengan demikian terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar akuntansi dari koefisien determinasi sebanyak 31,23% dari variabel Y yang ditentukan oleh
variabel X.
Bibliografi : lembar 53-55
SS00006268 | SK 6268 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain