Text
Pengaruh uji kompetensi guru dan bantuan operasional sekolah terhadap hasil ujian nasional SMA Negeri di Indonesia tahun 2012 dan 2013
ADI PURWANTO. Pengaruh Uji Kompetensi Guru, dan Bantuan Operasional Sekolah
Terhadap Hasil Ujian Nasional di Indonesia Tahun 20012 dan 2013. Pendidikan Ekonomi
Koperasi, Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Uji Kompetensi Guru, dan Bantuan
Operasional Sekolah memiliki pengaruh terhadap hasil ujian nasional tahun 2012-2013. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk Time Series dari tahun 2012
dan 2013 dan cross section berjumlah 33 Provinsi di Indonesia, dengan metode ex post facto.
Data di sajikan setiap tahun yang diperoleh dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan dan
Kementerian keuangan. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel yang diperoleh
persamaan hasil fixed effect UN = -0.522937 + 1.293803LnUKG -0.030564 LnBOS.
Berdasarkan hasil analisis secara simultan, uji kompetensi guru dan bantuan operasional sekolah
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil ujian nasional di Indonesia. Berdasarkan hasil
analisis secara parsial, dan uji kompetensi guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap
hasil ujian nasional, bantuan operasional sekolah bepengaruh negatif secara signifikan terhadap
hasil ujian nasional, Variasi pengaruh dari kedua variabel bebas dapat diketahui berdasarkan
nilai R2 sebesar 0,65 Sehingga, 65% variasi hasil ujian nasional dipengaruhi oleh uji kompetensi
guru, dan bantuan operasional sekolah selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model
penelitian.
Kata Kunci: uji kompetensi guru, bantuan operasional sekolah, hasil ujian nasional
SS00006273 | SK 6273 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain