Text
Pengaruh kepercayaan merek, afeksi merek, kesesuaian citra diri dan kesesuaian fungsional terhadap loyalitas merek pada coffee shop di Jakarta Pusat
ABSTRAK
Cattleya Dewi Putri, 2015; Pengaruh Kepercayaan Merek, Afeksi Merek, Kesesuaian Citra Diri, dan Kesesuaian Fungsional terhadap
Loyalitas Merek pada Coffee Shop. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi
Manajemen Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen,Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Setyo Ferry Wibowo, SE, M.Si & Usep Suhud, Ph.D
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian pada brand trust,brand affect, self-image congruity, dan functional congruity terhadap brand loyalty. Objek penelitian ini adalah coffee shop modern lokal dan internasional yang ada di Jakarta Pusat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung
coffee shop modern lokal maupun internasional di wilayah Jakarta Pusat yang telah melakukan pembelian/kunjungan berulang-ulang di nama coffee shop yang sama. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 200 orang. Pilot studi dilakukan kepada 50 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 21 dan AMOS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan secara umum factor-faktor yang mempengaruhi brand loyalty adalah variabel brand trust, brand affect, self-image congruity dan functional congruity. Pada Model Fitted, variabel brand trust terhadap brand loyalty, brand trust terhadap brand affect,self-image congruity terhadap brand loyalty, self-image congruity terhadap functional congruity,dan functional congruity terhadap brand loyalty berpengaruh positif dan signifikan,tetapi pada variabel brand affect terhadap brand loyalty memiliki pengaruh negatif. Memiliki nilai fit model dengan P sebesar 0.22, CMIN/DF sebesar 1.15,TLI sebesar 0.97, CFI sebesar 0.98 dan RMSEA sebesar 0.03. Hasil dari penelitian ini bermanfaat sebagai sumber informasi yang berguna bagi pengelola manajerial nama-nama coffee shop moderen di Jakarta, khususnya di Jakarta
Pusat, sebagai masukan untuk memperbaiki strategi pemasaran dalam
membangun loyalitas konsumen terhadap nama coffee shop. Didukung dengan faktor kepercayaan merek, afeksi merek, kesesuaian citra diri dan kesesuaian fungsional sehingga mampu meningkatkan loyalitas merek pada nama coffee shop moderen di Jakarta.
Kata kunci: brand trust, brand affect, self-image congruity, functional congruity, brand loyalty.
Bibliografi : lembar 132-135
SS00006275 | SK 6275 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain